Wednesday, June 11, 2014

Dieng Plateau, Zona 2 - Jawa Tengah

Kunjungan ke lokasi pada tanggal 27 Mei 2014
Ke sana berdua saja dengan suami :D

Info transportasi dan biaya akomodasi kami selama di Dieng dapat dilhat di post sebelumnya: Dieng Plateau, Zona 1 - Jawa Tengah

Ada perbedaan yang mendasar antara situs-situs di Zona 1 dan Zona 2 yaitu, di Zona 1 jalan menuju situs sudah teraspal dengan baik, urusan tiket juga sudah well organized di sini; sedangkan di Zona 2 jalannya masih jelek bahkan sulit untuk dicapai, urusan tiket seringkali mereka tidak memberikan tiket dengan alasan tiketnya habis atau lagi tidak ada tiket. Namun biarpun tidak ada tiket, biaya yang dipungut sesuai dengan harga tiketnya.

Telaga Merdada
(menurut saya) tidak ada yang spesial di telaga ini, sama seperti telaga pada umumnya.

Lokasi: parkiran [-7.21106, 109.88954]


duh, di sini saya tidak ambil gambar :p

Kawah Sileri
Jadi ini kawah yang bentuknya seperti telaga. Bawa masker, bau balerangnya kuat.

Lokasi: Belokan menuju Sileri [-7.19844, 109.88135]


Foto:
Kawah Sileri, Dieng

video :


Kawah Candradimuka
Nah, menurut saya, ini yang paling menarik di Zona 2. Di kawah ini ada semburan air panas (Geyser)! Selain itu di kawah ini juga ada air dingin yang sering diambil orang-orang untuk dioles ke wajah mereka (untuk apa? sayangnya saya tidak menanyakannya). Sayang sungguh sayang, dengan sepeda motor matic, menuju tempat ini sangat sulit karena medannya yang menanjak dan tidak beraspal.

Ada satu telaga lagi yang lokasinya di atas Kawah Candradimuka, berhubung ke kawah ini saja motornya sudah mpot-mpotan kami urungkan niat untuk ke telaga tersebut. FYI motor kami tidak sampai ke tepian telaga, hanya kami parkirkan di tepi kebun orang lalu jalan kaki menuju kawah karena melihat motor sepertinya sudah tidak kuat nanjak di jalan berbatu.

Satu lagi, kalau sudah sampai di bibir kawah (saran bapak tukang parkir yang saya turuti) turun saja ke kawahnya karena Geyser hanya kelihatan jika kita turun ke bawah.

Lokasi: Kawah [-7.18914, 109.85369]


Foto:
Kawah Candradimuka, Dieng
Geyser kecil
Video:


Cheers,
Ate